Monday 5 June 2017

Produktif di Bulan Ramadhan? Why Not!!!




Bulan penuh berkah yang hanya hadir 1 kali dalam setahun dan banyak dinantikan oleh umat muslim diseluruh dunia adalah bulan suci Ramadhan. Pada bulan suci ini saatnya umat muslim berlomba-lomba mencari pahala dan melakukan aktifitas-aktifitas religius lainnya dan memiliki nilai positif, tapi bukan berarti tidak melakukan hal positif pada hari-hari biasa lho guys. Sebetulnya apa sih yang kalian cari dan ditunggu-tunggu pada bulan Ramadhan? You can answer it by yourself. Setiap kegiatan positif sekecil apapun yang kita lakukan dibulan Ramadhan pasti akan mendapatkan pahala. Lalu nikmat Allah mana lagi yang engkau dustakan?. Yuk simak beberapa kegiatan positif dibulan Ramadhan agar Ramadhan kita menjadi lebih produktif.

MEMBACA
Buat kalian yang hobi banget membaca bisa lho guys tetap membaca dibulan Ramadhan, contohnya membaca kitab suci Al-Qur’an yang dikenal dengan nama tadarus. Tadarus adalah salah satu pilihan tepat untuk membaca dan mengkaji isi dari ayat-ayat Al-Qur’an. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara individu maupun berkelompok. Supaya nuansa Ramadhannya tetap terasa, mimin saranin tadarusnya di Mesjid atau berkelompok saja guys. Selain tidak merasa kesepian, tadarus yang dilakukan secara berkelompok juga dapat mempererat tali silaturahmi antar golongan. Nah, tips  supaya bisa hatam Al-Qur’an dalam sebulan, caranya cukup mudah. Caranya adalah setiap kita selesai melakukan shalat 5 waktu, usahakan membaca minimal 4 lembar dst.

MENDENGAR
Terkadang musik selalu menemani telinga kita setiap hari, tidak ada salahnya lho guys mendengarkan lagu-lagu religi untuk menambah adem jiwa kita. Selain musik, kita juga bisa mendengarkan beberapa ceramah atau kultum via handphone, internet, maupun secara live. Jadi, wawasan kita mengenai keagamaan lebih bertambah luas, sehingga secara tidak langsung dapat mengubah tingkah laku kita kearah yang lebih baik lagi.

MENJUAL
Jiwa bisnis seseorang apabila tidak direalisasikan kedalam sebuah jenis usaha, maka kita tidak akan tahu tentang seluk beluk dunia bisnis. Bisnis yang sangat mudah dijalankan dibulan Ramadhan dan tidak memerlukan modal besar adalah bisnis menjual takjil. Beberapa jenis takjil yang paling hits dibulan Ramadhan adalah kolak, es buah, es dawet, gorengan,  aneka kue kering, dan makanan ringan lainnya. Jadi, jangan khawatir tidak laku guys, takjil selalu dicari setiap sore oleh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Kita bisa memproduksi takjil sendiri atau hanya sekedar drop shipper.

NONGKRONG
Nah, nongkrong memang kegiatan asyik yang dapat menyebabkan kita lupa waktu saat kita nongkrong. Di bulan Ramadhan ini kita tetap bisa nongkrong lho guys dengan kata lain, kita tetap bisa hang out. Nongkrong dibulan Ramadhan yang dianjurkan adalah nongkrong di mesjid, majelis, dan beberapa komunitas keagamaan lainnya. Nongkrong dimesjid yang bisa dilakukan adalah tarawih, tadarus, kajian agama, dll tapi bukan berarti kita ngopi-ngopi dimesjid lho guys. Hehehee...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home