Monday 12 September 2016

TN Baluran, Africa Van Java??? Serius???




Taman Nasional Baluran merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Situbondo dan terletak diujung timur Situbondo yang bertepatan dengan perbatasan Kabupaten Banyuwangi. Tempat ini terletak dijalur utama pantura dan sangat mudah untuk dijangkau dengan menggunakan kendaran umum maupaun kendaraan pribadi. Dari pintu masuk Taman Nasional lu disambut dengan jalan yang berbatu dan berdebu, khas sekali nuansa adventure-nya guys. Kalau lu mau kesana bisa naik mobil atau motor yang memang cocok untuk adventure dan medan berbatu. Taman Nasional Baluran memiliki beberapa bagian diantaranya terbagi atas resort perengan, resort bama, resort balanan, resort labuhan merak, resort watunumpuk, dan resort bitakol.

Ada beberapa jenis hutan yang dimiliki oleh Taman Nasional Baluran yaitu hutan musim, hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa dan evergreen forest yaitu hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Fauna yang menjadi ikon di Taman Nasional ini adalah banteng guys. Selain itu, ada juga beberapa jenis fauna di tempat ini seperti kerbau, rusa, lutung, kijang, babi hutan, macan tutul, kucing bakau, kucing batu, kera, burung, dan merak. Beruntung sekali waktu gw ke Taman Nasional Baluran bisa bertemu dengan banteng dan merak. Karena langka sekali untuk bisa melihat hewan tersebut. Buat lu yang suka dengan kera, lu bisa ke daerah Bitakol guys. Di Bitakol banyak sekali kera yang berkeliaran dan turun ke jalan raya dan lu bisa selfie atau bikin vlog dengan kera hahaha (yakali).

Tempat hits di Taman Nasional Baluran ini adalah padang savana yang berada di Bekol. Perjalanan menuju padang savana ini sekitar 12 KM dari pintu masuk Taman Nasional Baluran. Padang savana Bekol merupakan padang rumput terluas di pulau jawa lho guys. Dan di Bekol ini kita bisa melihat indahnya pemandangan dengan hamparan padang rumput yang luas. Di Bekol ini juga terdapat beberapa fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung seperti menara pandang, musholla, toilet, kantin dan juga penginapan.  Selain padang savana Bekol, ada juga pantai yang hits yaitu pantai Bama. Di pantai ini lu bisa menikmati hamparan pasir putih yang luas dan juga bisa berfoto ria dihutan mangrove. Dan buat lu yang hobi banget menikmati keindahan bawah laut, lu bisa cobain deh snorkling dipantai Bama.

Taman Nasional Baluran ini juga disebut sebagai Africa van Java lho guys. Lu gak bakal nyesel explore kesini deh pokoknya. Selain alamnya yang eksotis, lu juga bisa refresh pikiran dari kegiatan sehari-hari guys dan jangan sampai lu dapat julukan “KURANG PIKNIK” hahaha karena orang yang kurang piknik dapat menyebabkan sirik, iri, dengki dan selalu berpikiran negatif. Yang penting pesan gw adalah jangan buang sampah sembarangan, jangan mengambil sesuatu dari Taman Nasional Baluran apalagi ngambil dia dari tangan gw *eh wkkwkwk, dan yang paling penting adalah jangan membuang puntung rokok sembarangan karena ada beberapa hutan yang rawan sekali kebakaran.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home