Monday 6 April 2015

Ketika Jogja Tak Bisa Ditinggalkan




Gw gak tau harus mulai dari mana men, yang pasti gw menginjakkan kaki di Yogyakarta pada tahun 2007 untuk menuntuk ilmu di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Sains dan Teknologi untuk program studi  Teknik Informatika. Sebenernya gw gak mau kuliah di Jogja men, cm gara2 tuntutan keluarga aja gw kuliah disini, apalagi om gw dosen di UIN. Tahun pertama kuliah gw gak betah bgt men, sampai akhirnya gw cari cara supaya gw betah tinggal disini. Salah satu usaha gw buat tetap betah di Jogja adalah dengan cara mencari kerja partime supaya banyak kenalan anak kampus lain men, secara gw gak suka dengan jurusan gw. Gw dikampus termasuk mahasiswa yang biasa2 aja men, karena memang malas belajar Informatika. Di kampus pun gw aktif di salah satu UKM yang membuat gw nyaman dan memang passion gw.
Setelah gw merasakan kerja partime di salah satu cafe akhirnya gw betah karena banyak teman2 baru yang bisa membuat gw betah tinggal disini. Banyak ilmu dan pengalaman yang gw dapatkan setelah kerja sana-sini dan menurut gw “pengalaman” itu mahal harganya men. Di tempat kerja gw menemukan teman2 yang udah kayak sodara sama gw men. Oiya gw termasuk orang yang pas2an men karena memang bukan berasal dari keluarga yang kaya. Pernah suatu saat juga gw gak bisa bayar kos, kemudian teman2 gw bayarin kos gw men, kurang baik apa cb mereka. Di dunia kerja ini lah suka dan duka gw rasakan sebagai anak rantau yang jauh dari orang tua.
Gw dikota ini menemukan yang namanya penghianatan, permusuhan, persahabatan, persaingan dll. Dan disini jg gw belajar apa itu arti sabar, kedewasaan, prihatin, bahagia, sedih, kebudayaan, perbedaan, dll. Disini gw menemukan berbagai jenis teman yang semuanya baik sama gw men, mulai dari ujung barat Indonesia hingga ujung timur Indonesia semuanya gw berteman. Rata2 mereka jg appreciate sama gw, dan begitu juga sebaliknya. Ibaratnya gw menemukan keluarga baru disini men, karena gw sadar keluarga gw hubungannya tidak terlalu harmonis. Gw disini punya kakak, punya adek, punya abang, punya mbak, punya tante dan walaupun semua itu hanya “ketemu gede” gw udah seneng banget men, karena mereka semuanya sayang sama gw dan bisa membuat gw bahagia, tertawa, berbagi dll. Ya Allah gw bersyukur banget punya teman2 seperti kalian. Selain teman2 yang di Jogja, gw jg banyak kenalan anak2 luar kota dan biasanya gw klo ada waktu luang main2 ke luar kota. Alhamdulillah mereka semuanya welcome sama gw dan ujung2nya udah kayak sodara sendiri men. Dan sampai saat ini hubungan kami lancar2 aja untuk urusan komunikasi walaupun sudah jarang bertatap muka, masih bisa lewat dunia maya.
Kalau untuk urusan hati sih gagal mulu men, ditikung lah, direbut orang lah, gak direstui lah, ditinggal kawin lah dll. But it does not matter for me mungkin belum pas aja sama gw men. Naksir cewe eh ternyata istri orang, ada lagi yg udah punya anak. Giliran gw gak suka eh malah ngejar2 kan pusing pala barbie jadinya men. Tapi yasudahlah mumpung masih muda dan gw anggap itu sebagai pelajaran dan introspeksi diri buat gw. Tapi walaupun demikian gw  masih berhubungan baik sama orang yang pernah dekat sama gw bahkan udah kayak keluarga jg men Subhanallah kan kisah gw. Secara gw paling males punya musuh men kayak gak ada kerjaan aja hehehe.
Gw lulus kuliah tahun 2012 dengan lama studi 4,9 tahun dan mendapatkan gelar Sarjana Komputer (S.Kom) yah Alhamdulillah kuliah gw sebagai anak Teknik gak  sampai 5 tahun hahaha. Setelah lulus gw terjun kedunia kerja yang sebenarnya dan gw jg kerja di perusahaan yang ada di Jogja men. Motivasi gw kerja disini supaya gw gak ditarik pulang ke kampung halaman men. Akhirnya setelah 2 tahun kelulusan gw, nyokap gw nyuruh gw berhenti kerja dan disuruh pulang kampung. Langsung dong men gw berasa disamber gledek, dan gw mengatakan TIDAK. Lu kebayang kan gimana rasanya bertahun2 udah terbiasa dan sering berinteraksi dengan orang2 berpendidikan di kota ini dan harus pulang kampung dan itupun kota kecil men. Ya Allah bukannya gw gak menghargai kota kelahiran gw men, tapi menurut gw menghargai itu tidak harus stay disana kan ? cukup mengingat aja dan tidak melupakannya.
Gw disini masih pengen ngejar mimpi2 gw yang belum kesampean men, gw disini punya bisnis kecil2an dan gak bakal jalan kalau gw ngebangun di kota kelahiran gw. Lagian kalau gw dirumah kerjaannya berantem aja sama nyokap karena tidak ada kesamaan pemikiran. Nyokap gw lulusan SMP, bokap SMA, adek gw jg SMA dan kalau diajak untuk berpikiran maju susah men. Bukannya gw gak menghargai mereka men, gw malah sangat berterima kasih sekali kepada bokap, nyokap dan adek gw hingga gw menjadi seorang Sarjana satu2 nya dari keluarga nyokap gw. Gw tetep tidak melupakan mereka men, tapi kalau untuk stay disana gw gak mau men. Lu ngerti kan apa yang gw rasakan. Gw juga punya mimpi suatu saat gw bisa menyandang gelar S2 dengan usaha gw sendiri men.
Tidak mudah men meninggalkan semua kenangan2 yang ada di kota yang sangat Istimewa ini. Apalagi gw juga sering kumpul dengan teman2 baru yaitu di beberapa komunitas di Jogja. Pokoknya berat banget lah men kalau disuruh ninggalin kota Jogja ini gw gak sanggup sumpah. Kalau mudik 2 hari aja dirumah gw gak betah dirumah, pengen cepat2 balik Jogja lagi. Awalnya gw kuliah disini karena paksaan orang tua, tapi setelah betah disini malah dipaksa buat pulang kampung. Pertanyaannya adalah salah sendiri nyuruh gw kuliah disini dan sampai saat ini pun gw gak tau bagaimana caranya untuk kangen kampung halaman. Karena keluarga gw tidak terlalu harmonis men, masih terlalu memikirkan ego masing2. Jujur saja kalau dengan bokap gw palingan bisa dihitung dalam sebulan kami ngobrol paling banyak adalah 3x itu pun seperlunya doank. Kalo sama nyokap seringnya gak sependapat dan selalu endingnya adu argumen. Sampai saat ini gw masih mikirin bagaimana caranya kangen kampung halaman dan cara meninggalkan Jogja. Entah sampai kapan gw bisa kangen kota kelahiran gw. I LOVE JOGJA !!!


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home