Monday 26 June 2017

Kece Dengan Berhemat, Emang Bisa ?




Melanjutkan study atau bekerja diluar kota kelahiran memang menuntut kita untuk menjadi orang yang lebih mandiri, tangguh, berani, wise  dan tidak manja. Kebiasaan-kebiasaan malas dan  ketergantungan dengan orang tua saat dilakukan dirumah harus kita hilangkan, karena kita hidup seorang diri dikota orang. Menjadi seorang perantau alias anak kos itu gampang-gampang susah lho guys coz we have to manage all by our self. Memasak, mencuci pakaian, setrika baju, cuci piring, dll harus kita lakukan sendiri disela-sela tugas utama kita kuliah atau bekerja dikota rantau. Simak yuk beberapa kegiatan anak kos yang bisa kita lakukan dengan cara berhemat namun tetap bisa eksis.

NONTON
Wuihhh... asyik kali yah nonton film Box Office atau film apapun yang kita suka dengan seseorang atau rame-rame bareng sahabat. Tapi bagaimana dengan budget? Harga tiket nonton kan mahal apalagi saat weekend  dan tanggal merah. Eitss... tenang dulu guys, banyak jalan menuju Roma. Cara pertama supaya nonton hemat adalah mencari promo dari provider telekomunikasi dan promo dari kartu kredit maupun debit perbankan. Yup biasanya salah satu provider telekomunikasi sering memberikan promo dengan cara menukar poin atau sekedar menunjukkan kartu yang digunakan kepada petugas bioskop. Selain provider telekomunikasi, beberapa kartu kredit maupun debit perbankan juga sering memberikan promo buy one get one free. Cara kedua adalah sering berpartisipasi kuis yang diadakan di jejaring sosial maupun radio yang memberikan hadiah tiket nonton bioskop gratis. Nah lumayan kan guys kita bisa nonton hemat budget dan juga produktif karena banyak ilmu dan nilai-nilai positif yang kita dapatkan dari sebuah film.

SHOPPING
Berbelanja adalah kebutuhan hidup sehari-hari, artinya belanja tidak hanya tentang sandang saja, melainkan pangan untuk kebutuhan hidup seperti makan dan minum. Mendengar kata  “shopping”  sepertinya merupakan suatu hal yang sangat konsumtif. Eitss... tapi tenang dulu guys, penjelasan berbelanja disini adalah how the way to be a smart shopper. Sebetulnya banyak sekali cara hemat untuk berbelanja, tapi terkadang kita malas untuk mencari informasi dan terlalu banyak gengsi, bener gak? Jadi, buat kita anak kos yang ingin berhemat dalam berbelanja, kita dapat lakukan hal-hal berikut :

  • Member card
Setiap mini/supermarket saat ini sudah memiliki fasilitas member card kepada pelanggannya. Cara untuk memiliki member card  ini sangat mudah guys kita datang saja ke bagian informasi/kasir dengan membawa kartu identitas kita. Ada beberapa store yang memberikan free member card  dan ada juga yang memberikan biaya hanya 20K saja, manfaat member card ini adalah get more discount and point. Dengan berbelanja menggunakan member card, kita bisa mendapat harga 10-50% lebih mudah dari harga normal. Selain itu, member card  juga memberikan poin ekstra buat kita. Dan poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah menarik termasuk voucher belanja.

  • Official account
Yuk... saat ini kita hidup dijaman sosial media, dimana beberapa store memiliki official account masing-masing. Kita bisa follow official account on instagram add di line, facebook, dll. Kenapa kita harus follow? Jawabnya adalah supa kita berbelanja lebih hemat, karena setiap official account selalu memberikan promo diskon, menari dan sering memberikan voucher lainnya, sehingga kemungkinan besar kita bisa mendapatkan suatu barang dengan harga yang sangat hemat.

  • Kuis
Kuis yang sering dilakukan saat ini adalah kuis di radio, twitter dan jejaring sosial lainnya. Nah, kita bisa aktif mengikuti kuis  tersebut untuk mendapatkan voucher belanja gratis maupun voucher diskon. Selain voucher, kita juga bisa mendapatkan barang secara gratis apabila kita memenangkan kuis tersebut. Jangan putus asa dalam mengikuti kuis, mimin sendiri sering mendapatkan hadiah dari kuis yang diadakan di jejaring sosial. Kuis di instagram mimin pernah mendapat smartphone secara gratis dan mendapatkan salah satu jam tangan dari merk jam tangan ternama. Kuis di twitter mimin pernah mendapat voucher makan disalah satu restoran kece. Lumayan kan???


TRAVELING
Buat kita yang hobi banget traveling, tapi budget pas-pasan, kita bisa mencoba dunia guiding lho guys. Selain mendapatkan uang, seorang tour guide dapat menikmati traveling ke suatu destinasi wisata konvensional maupaun alam. Seorang tourguide dapat memaksimalkan potensi bahasa asing yang dikuasainya, sehingga dapat menambah wawasan dan pengalaman baru serta beberapa foto kece yang bisa kita unggah ke jejaring sosial. Ada beberapa macam cara untuk menjadi tour guide, yaitu dengan cara bergabung dengan travel agent, freelance, dan juga secara independen. Secara independen kita bisa berkenalan dengan beberapa traveller seluruh dunia menggunakan beberapa aplikasi mobile  traveling yang bisa kita download melalui handphone kita sendiri.

PARTIMER
Mencari uang tambahan dengan menjadi seorang partimer adalah salah satu pilihan tepat buat anak kos. Banyak sekali perusahaan besar maupun kecil saat ini menyediakan pekerjaan secara partime. Kita bisa mencoba partime menjadi seorang penulis lepas, waiter, pramuniaga, sales promotion, musisi, dll. Bekerja secara partime tidak akan mengganggu waktu kita sebagai mahasiswa ataupun pekerja swasta, karena seorang partime bisa menyesuaikan waktunya untuk bekerja. Solusi bekerja secara partime buat kita yang suka nongkrong adalah menjadi seorang waiter disebuah cafe ataupun restoran. Jadi, secara tidak langsung kita bisa nongkrong ditempat kita bekerja tanpa harus mengeluarkan budget tapi kita juga mendapatkan upah. Selain cafe masih banyak lagi tempat yang menyediakan atau menerima pekerja partime.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home